Select Menu

Featured Posts

Slider

INFO

Artikel Islamiah

Omg!

WOW

TRAVEL

Videos

» » » » » » » » » » SERIUS! - Masa Bumi Bertambah 1 Saat Pada 30 Jun 2015 'KIAMAT INTERNET' Berlaku
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

TAOTAUAJER - Bulan Jun tahun ini sepertinya akan menjadi bulan yang istimewa. Selain jatuhnya bulan Ramadan, ada fenomena baru yang bakal membuakan anda tercengang. Berdasarkan kajian para saintis di Prancis, 30 jun ini waktu di bumi akan berjalan lebih dari 24 jam. Macam mana perkara sebegini boleh berlaku? Bagaimana masa bumi boleh bertambah?


Selasa 30 Jun 2015 akan sesaat lebih lama dari hari lainnya di sepanjang tahun ini. Para pengkaji akan menambahkan 1 saat pada hari itu atau yang disebut detik kabisat (leap second).

Menurut saintis daripada Perkhidmatan Putaran Bumi Antarabangsa, keadaan ini berlaku adalah untuk mengimbangi kadar putaran Bumi yang semakin perlahan.

Saintis Barat menjangkakan beberapa laman web akan menerima kesan buruk malah ada yang tidak akan berfungsi apabila waktu pertambahan masa ini berlaku.

Kali terakhir penduduk Bumi mendapat penambahan waktu satu saat adalah pada tahun 2012.

Berdasarkan pengiraan, pada 30 Jun 2015, Bumi akan mempunyai 86,401 saat pada Jam Atom berbanding sekarang hanya 86,400 saat.

Kiamat Internet

Meski tak akan berpengaruh pada kehidupan manusia pada umumnya, penambahan 1 saat kali ini dikhawatirkan kembali memacu 'kiamat internet'. Dalam skala kecil. 

Penambahan yang sama berlaku pada tahun 2012 menyebabkan masalah bagi perusahaan-perusahaan internet besar seperti Reddit, LinkedIn, Gizmodo, Gawker, Yelp, dan FourSquare. Seperti dinyatakan dari web Wired, Reddit mengalami gangguan selama 1,5 jam. 

Masalah juga dialami Amadeus Altea, salah satu sistem reservasi online besar. Rencana penerbangan Qantas dan Virgin Australia juga sempat mengalami gangguan. 

Sebab, selama detik kabisat, jam komputer tetap akan bergerak selama 60 saat. Matsakis mengatakan, komputer menganggap penambahan saat itu sebagai langkah mundur. Sistem komputer tak dapat mengenali 'dua saat dalam waktu yang sama'. 

Akibatnya, mesin akan mengaggapnya sebagai kesalahan sistem, beban berat pun akan dialami CPU. 

Beza dengan Google.  Mesin carian raksasa itu telah menambahkan beberapa milisaat pada servernya beberapa kali dalam setahun. Dengan cara ini, server tak akan terpengaruh sewaktu terjadi penambahan saat. 

Cara lain untuk menghindari masalah adalah dengan mematikan sistem komputer selama 1 atau 2 jam di sekitar waktu penambahan tersebut.

Namun, detik kabisat itu tak hanya berisiko pada sistem komputer. Diharapkan, ia tak berlaku sewaktu berada di pesawat sewaktu kejadian ini dilakukan. Sebab, penambahan saat diketahui dapat menganggu penerimaan GPS, yang boleh menjadi masalah kepada pilot kapal terbang. 




.
----------------------------------
Sudah Baca? Jangan Lupa LIKE , Tweet atau Share artikel ini tanpa segan silu

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post