Select Menu

Featured Posts

Slider

INFO

Artikel Islamiah

Omg!

WOW

TRAVEL

Videos

» » » OMG! - Glasier Kanada Mencair, Permukaan Air Laut akan Naik
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

TAOTAUAJER - Glasier Kanada yang merupakan ais terbesar setelah Antartika dan Greenland, terus mencair. Para penyelidik mengatakan mencairnya gletser Kanada akan menaikkan permukaan air laut.


Sekitar 20 peratus dari ais di glasier, di pulau-pulau seperti Ellesmere atau Devon, diperkirakan menghilang pada akhir abad 21. Mencairnya ais tersebut akan menambah ketinggian permukaan air laut global sebanyak 3,5 cm.

Pemerintah setempat berusaha memahami setiap centimeter kemungkinan kenaikan permukaan air laut yang disebabkan pemanasan global. Mereka merancang untuk melindungi kota-kota seperti New York hingga Shanghai atau kota dataran rendah dari Ghana hingga Bangladesh.

"Kami percaya ais akan kehilangan jisimnya di masa mendatang," kata para penyelidik yang menulis dalam jurnal Geophysical Research Letter.

Penulis Utama, Jan Lenaerts mengatakan tren mencairnya ais tidak terbendung karana mencairnya ais berwarna putih akan mempengaruhi ais berwarna gelap yang menyerap lebih banyak sinar matahari. Hal itu akan mempercepat pencairan.

Semua glasier mencair memakan masa beberapa abad. Pemanasan global membuat pencairan ais di Arktik lebih cepat dari rata-rata global. Panel di PBB merencanakan permukaan air laut dunia akan naik kira-kira 18-59 cm pada abad ini. Tinggi permukaan air laut akan naik lagi jika pencairan lapisan ais di Antartika dan Greenland lebih cepat.

SUMBER : republika

TAOTAUAJER : Kalau korang perasan sekarang ini bahag panas di siang hari semakin tinggi, dan semakin lama semakin panas. Dengan pencemaran yang di lepaskan tanpa kita sedari sedikit demi sedikit menipiskan lapisan ozon yang memberi pelindungan kepada bumi. - Koleksi Dunia

.
----------------------------------
Sudah Baca? Jangan Lupa LIKE , Tweet atau Share artikel ini tanpa segan silu

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post