MESTI TAU! - Sebelum korang beli Samsung S5 korang kena tahu pasal ni dulu -
Home » , , , , , , , , » GEMPAR - Gempa di jepun melajukan putaran bumi !!

GEMPAR - Gempa di jepun melajukan putaran bumi !!

Written By taoslayerz on Monday, March 14, 2011 | 10:58 AM

Gempa berkekuatan 9 Skala Richter (SR) yang terjadi di Jepun Jumaat (11/3/2011) menyebabkan distribusi massa di Bumi berubah karena pergerakan kerak dan runtuhnya batuan di kulit Bumi. Hal tersebut berpengaruh terhadap kecepatan putaran bumi menjadi sedikit lebih cepat dan manusia mengalami hari yang lebih singkat.


“Dengan berubahnya distribusi masa di Bumi, gempa Jepun mengakibatkan Bumi berputar lebih cepat, mempersingkat hari sebanyak 1,8 mikrodetik,” kata Richard Gross, geofisikawan di Laboratorium Propulsi Jet milik NASA di Pasadena, AS, seperti paparkan pada Space.com. Analisis sebelumnya gempa tersebut hanya berpengaruh mempercepat rotasi 1,6 mikrodetik, namun data terakhir menunjukkan kalau kekuatannya lebih besar.

Namun, pengaruh tersebut jauh lebih kecil ketimbang variasi tahunan lama rotasi Bumi. Panjang satu hari atau waktu rotasi Bumi adalah 24 jam atau 86.400 detik. Panjang hari selama ini bervariasi sekitar 1000 mikrodetik bergantung pada variasi musim distribusi masa Bumi.

Perubahan waktu rotasi akibat gempa seperti kali ini bukanlah yang pertama terjadi. Gempa Aceh tahun 2004 misalnya, mempersingkat hari sebanyak 6,8 mikrodetik. Sementara gempa di Chile mempersingkat hari sebanyak 1,26 mikrodetik.

Gross mengungkapkan, perubahan ini belum selesai. Gempa susulan juga bisa mengubah waktu putaran. “Gempa susulan juga bisa mengubah waktu rotasi. Namun karena kekuatan gempa susulan lebih kecil, pengaruhnya juga lebih kecil,” jelasnya.

Secara teori, Gross mengungkapkan, apapun yang berdampak pada distribusi masa Bumi akan berdampak pada putaran. Gempa dilaporkan mempercepat sedikit gerakan rotasi bumi yang biasanya sekitar 1.604 km/jam.

Meski demikian, ahli astrofisik dari Indonesia yang bekerja di Max Planck Institute for Astronomy, Johny Setiawan, tak terlalu yakin dengan pendapat itu. Menurutnya, panjang pendeknya hari hanya bisa terjadi bila ada efek dari luar bumi.

“Kalau Bumi kejatuhan asteroid sehingga masanya bertambah, pasti akan berubah panjang pendeknya hari,” lanjutnya. Menurutnya, jika massa bumi tetap sama maka harusnya kecepatan putaran dan lamanya putaran juga akan tetap sama.
sumber | kompas.com


.
----------------------------------
Sudah Baca? Jangan Lupa LIKE , Tweet atau Share artikel ini tanpa segan silu
KONGSIKAN ARTIKEL INI :
Photobucket
Kunjungi juga Facebook Blog Taotauajer : Jom ke Page Tao TAOTAUAJER | Enhanced MyBloggerTricks.com

ARTIKEL MENARIK

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik 2 kali untuk TUTUP
 
Support : | | | My Ping in TotalPing.com
Copyright © 2013. ! TAO TAU AJER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger