Breaking

Friday, March 11, 2011

Tau tak | Ayam mempunyai kemampuan paranormal

Ayam!! Kalau dinilaikan dari sudut pandangan kecerdasan pola pemikiran haiwan, Ayam memang berada ditangga terbawah. Tapi, korang tau tak ternyata ayam mempunyai kemampuan paranormal. Tetapi ape yer?

Ayam ternyata termasuk haiwan dengan tahap kecerdasan emosional yang tinggi. Layaknya paranormal, ayam mampu ‘membaca’ perasaan haiwan lain, khususnya anak ayam mereka.

Dalam sebuah percubaan, ayam betina menunjukkan tanda jelas bahwa mereka merasakan kecemasan saat anak ayam merasa sakit. Ini merupakan bukti pertama.

"Sejauh mana haiwan dapat dipengaruhi oleh penderitaan makhluk lain memiliki hubungan yang erat dengan kesejahteraan haiwan tersebut. Kami menemukan bahwa ayam betina dewasa memiliki fondasi empati yang tinggi terhadap emosional makhluk lain,” kata saintis di Bristol University, Jo Edgar.

Kemampuan merasakan sakit pada orang lain atau memahami perasaan dari sudut pandang orang lain merupakan sifat yang dianggap sebelumnya sebagai keunikan manusia. Namun ternyata, hewan juga bisa merasakan empati.

Tes pada ayam itu memiliki dampat penting terkait kesejahteraan ayam di peternakan atau laboratorium sains. Ilmuwan Inggris memilih ayam sebagai objek percubaan karena menganggap empati berevolusi sejak orang tua merawat anak-anak mereka.

Ketika anak ayam tersiksa, keadaan ibu ayam akan mengalami perubahan di antaranya detak jantung meningkat, gelisah, tekanan mata menurun dan beberapa tanda stress lainnya. Penelitian itu diungkapkan di jurnal Royal Society.

Wow! Betapa hebatnya ciptaan tuhan di dunia ini...

Photobucket

Adbox