Breaking

Friday, April 22, 2011

Wow | Saintis menjumpai fosil Labah-labah terbesar

Wow!!..Labah-labah..mesti ramai yang fobia dengan labah-labah kan cos dye suka merayap-rayap..dan menggelikan apabila ian bersentuhan@merayap pada kulit kita.

Saintis menemukan fosil labah-labah prasejarah terbesar yang pernah menguasai Bumi.WOW!!.

Fosil tersebut terawet selama 165 juta tahun sehingga dengan mudah diidentifikasikan sebagai haiwan betina dewasa.

Labah-labah bernama Golden Orb Weaver atau Nephila jurassica itu ditemukan di hutan tropkaa China, kawasan Daohugou.

Ahli paleontologi dari Kansas University, Profesor Paul Selden, mengatakan bahwa labah-labah betina tu memiliki tubuh panjang sekitar dua inci dan rentang kaki sekitar enam inci. Di sisi lain, labah-labah jantan diperkirakan memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil.

Laba-laba merupakan hewan yang sering ditemui di daerah tropika dan subtropika. Biasanya, labah-labah betina akan membuat tenunan jaring sutera bewarna kuning yang akan berkilau seperti emas jika terkena sinar matahari.

“Kami mendeskripsikan penemuan tersebut seabgai fosil labah-labah terbesar di dunia. Seekor betina Nephila dari zaman Jurrasic di kawasan China,” kata Profesor Selden yang melaporkan kajian tersebut di jurnal Biology Letters.

Ilmuwan melakukan pemeriksan mikroskopis untuk memastikan jenis labah-labah yang sudah ‘membatu’ bersama dengan fosil salamander dan krustasea air.

labah-labah teringat la pulak pada spiderman..huhu

Photobucket
Adbox